MENULISLAH SETIAP HARI

 

MENULISLAH SETIAP HARI

===


 

Resume ke-1

Gelombang 28

Tanggal : 9 Januari 2023

Tema ; Menulis Setiap Hari

Nara Sumber : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd

Moderator : Dail Ma’ruf, M.Pd

Kegiatan Belajar Menulis Nusantara (KBMN) secara online melalui Whatshapp group telah dimuali hari ini Senin, Tanggal 9 Januari 2023 pukul 19.00-21.00 pada pertemuan ke-1 dengan tema Menulislah Setiap Hari yang disampaikan oleh nara sumber bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd atau Om Jay yang akan di bagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama penyampaian materi dan yang kedua sesi tanya jawab. Sebelum ke materi Om Jay memperkenalkan diri dengan mengirimkan link profil beliau https://wijayalabs.com/about.

Profil Pemateri



Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, lahir di Jakarta 28 Oktober 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyelesaikan pendidikan S2 pada Program StudiTeknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana UNJ (2007-2009) dan mulai 2014 telat melanjutkan pendidikan ke S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ Alhamdulillah telah mendapatkan gelar doktor pendidikan tahun 2022 dengan Judul Desertasi Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa.

Om Jay mempunyai sebuah mantra yang sangat ampuh yaitu “ Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa Yang Terjadi”. Selanjutnya  bapak Moderator memberikan izin kepada peserta KBMN-28 dengan membaca PPT selama 10 menit atau memahami link yang dibagikan oleh Om Jay http://wijayalabs.blogspot.com/2023/01/menulislahlah-setiap-hari-dan-buktikan-apa.html.

Menurut Om Jay kebanyakan orang tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain atau merasa tulisannya yang paling hebat. Padahal diatas langit masih ada langit dan kita harus bisa melepaskan baju kesombongan kita. Om Jay juga menjelaskan peserta yang bisa lulus KBMN itu telah mempraktikkan ilmu menulis setiap hari dan mau belajar hal-hal yang baru. Kuncinya adalah banyak membaca dan kemudian menulis, mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan kuasai. Salah satu bukti bahwa beliau menulis setiap hari di blog adalah buku beliau yang best seller yaitu TIK Menulis Blog untuk Pendidikan.

Membaca dan menulis merupakan dua kata yang tidak bisa dipisahkan lagi, karena tidak ada penulis yang tidak membaca. Semuanya butuh proses yang sangat panjang mulai dari dengan adanya ide atau gagasan maka akan muncul suatu ide untuk menulis, jadi apakah yang dinamakan dengan kata menulis itu. Menulis menurut Om Jay adalah kemahiran berbahasa yang keempat hal yang pertama adalah mendengar, kedua berbicara, ketiga membaca dan yang kempat adalah menulis. Oleh karena itu biasakan menulis setiap hari dari apa yang disukai dan dikuasai. Menulis itu kelihatannya mudah akan tetapi menurut saya tidak semudah apa yang kita dengar karena kita harus punya niat yang iklas untuk meluangkan waktu untuk menulis. Selain itu menulis juga butuh waktu, tenaga dan pikiran yang khusus untuk melakukannya, tidak hanya syukur menils dengan asal-asalan akan tetapi kita juga butuh inspirasi, ketenangan dalam berfikir dan kemampuan berbahasa yang cukup.

Kata Blog sebetulnya sudah pernah saya dengar sejak lama akan tetapi saya belum mencoba atau menggunakannya. Baru setelah banyak mendengar pembelajaran sekarang ini banyak yang menggunakan metode ataupun soal-soal ujian yang mengandung literasi dan numerasi saya tertarik untuk belajar membuat dan menggunakan blog. Sebetulnya apakah yang dinamakan dengan blog? Blog merupakan alat rekam yang sangat ampuh untuk menampung tulisan-tulisan kita yang enak dibaca oleh orang lain. Menurut Om Jay Blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaiban akan kita rasakan seiring dengan kita mengelola blog dengan baik dan belajar menulis setiap hari.

Membuat blog itu sangat mudah akan tetapi yang sulit bagaimanakah kita mengisi blog kita setiap hari dengan tulisan-tulisan yang enak untuk dibaca orang lain. Berikut ini adalah beberapa tips dari Om Jay agar bisa produktif dalam menulis di bolg :

1.    Menulislah dengan hatimu maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu

2.    Menulis setiap hari akan berbuah prestasi

3.    Dengan menulis dengan hati, maka akan melahirkan tulisan yang bisa dibaca orang lain dengan hati juga

4.    Mulailah menulis dari apa yang disukai dan dikuasai

5.    Banyak membaca setelah itu mulailah menulis

6.    Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat serta didengankan secara langsung

7.    Menulis setiap hari harus iklas, bagi ilmu setiap hari dan bagi pengalaman kepada semua orang

8.    Dalam menulis berpikir sebelum memposting itu hal yang penting

9.    Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain

10. Idealnya dalam menulis, gunakan 500 kata, agar ketika dirajut menjadi buku akan terlihat enak dibaca.

 Setelah sesi materi dari Om Jay maka tibalah saat sesi pertanyaan dari para peserta KBMN diantaranya adalah pertanyaan dari Pak Teguh Wiyono dari Bekasi, Bagaimana cara menyempatkan menulis di tengah kesibukan tugas utama sebagai guru atau pendidik yang terkadang menjadi kendala? Om Jay pun menjawab dengan adanya hp semuanya menjadi mudah kita bisa menulis dimana saja dan kapanpun saja, intisari dan jawaban beliau adalah selagi ada niat maka semua kendala dapat teratasi.

 Ibu Tika Supartika dari Garut, langkah-langkah apa yang semestinya harus dilakukan untuk menulis ide namun ketika ingin menulisnya tiba-tiba menghilang atau ketika dibaca tulisannyaserasa kurang bagus? Om Jay menjawab bahwa biasanya beliau menggunakan teknis menulis di word dulu sewaktu menjadi penulis pemula tapi sekarang langsung menulis di blog karena tulisan di blog bisa diedit, maka jadilah editor pertama tulisan kita.

 Ibu Lidya Suhery dari jakarta Timur, apa tips khusus agar tulisan kita dibaca banyak orang selain judul yang menarik? Om Jay menjawab tulis saja semua isu terkini pasti banyak yang membaca.

 Intisari dari pertemuan pertama ini adalah Menulislah Setiap Hari dan Apa yang akan Terjadi, maka tulisklah apa yang kamu sukai dan kamu alami di blog biar bisa dibaca ataupun dinikmati oleh orang lain.

 

 

Komentar

  1. Mari kita sama-sama mencoba menulis setiap hari dan buktikan apa yang terjadi....seperti kata Omjay

    BalasHapus
  2. Betul pak, ini saya baru mulai untuk belajar menulis semoga tidak putus ditengah jalan, Amin

    BalasHapus
  3. subhanallah. resume yang apik--bagus dan lengkap. Semoga jadi buku
    semangat.

    BalasHapus
  4. Amin, makasih Pak motivasinya, semoga saya bisa menyelesaikan tugas ini sampai selesai, mohon bimbingannya terus ya pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERHAYAL UNTUK SEBUAH IMPIAN

MENGENAL DIKSI DAN SENI BAHASA