MARKETING BOOK
PEMASARAN BUKU
Resume
ke-20
Gelombang
28
Hari/Tanggal:
Rabu, 22 Februari 2023
Tema:
Pemasaran Buku
Nara
Sumber: Agus Subardana, S.E.M.M
Moderator:
Purbaniasita KS, S.Pd
Alhamdulillah
pada malam hari ini Rabu, 22 Februari 2023 kita masih diberikan kesempatan oleh
Allah SWT untuk mengikuti kegiatan KBMN pertemuan ke-20 dalam keadaan sehat
walafiat. Pada pertemuan malam ini materi akan dibawakan oleh bapak Agus
Subardana, S.E.M.M dengan tema Pemasaran
Buku Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18
tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan. Pernah Menjadi Dosen
Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala Jakarta. Riwayat pendidikan
beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti
keprofesionalan beliau. Malam hari ini kita akan ditemani oleh moderator cantik
yaitu Ibu Purbaniasita KS, S.Pd
Salah satu dari tujuan menulis adalah
untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Secara
otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah
membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus
dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang
sangat dibutuhkan. Salah satu definisi dari buku adalah buku merupakan sumber
ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan
Industri Penerbitan Buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil
penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi
Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang
menjalankan bisnis.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa
demikian, karena hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di
terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi
katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup
banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak,
buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku
Teks , dan lain-lain ).
Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi
oleh factor-faktor berikut:
1. Faktor Mikro, yaitu perantara, pemasok,
pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line)
A.
Pemasaran buku
lewat Online
Digital marketing merupakan teknik
pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan
media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain:
1. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang
supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering
dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai
sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen,
khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih
menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun
Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian:
Pantun 1:
Di taman ada
banyak kumbang
Di kali banyak
buaya
Janganlah ragu
ataupun bimbang
Toko online ini
bisa dipercaya
Pantun 2:
Liburan ke pulau
Bali
Jangan lupa
datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko
online kami
Barangnya cuma
setengah harga
Pantun 3:
Kamu jadian sama
si dia
Padahal aku
sudah menyukaimu
Kita toko online
terpercaya
Siap menjual
barang paling bermutu
Masih banyak
cara untuk menarik perhatian calon pembeli dengan pantun-pantun yang dapat kita
buat
Strategi selanjutnya:
5. Email Marketing. Strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
7. Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online ini
kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya kita dapat
- Menyebarkan informasi produk secara masif
kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi
pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata
konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku, persepsi dan
pendapat konsumen
B.
Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE).
Strategi pemasaran buku serangan darat dikelompokkan
berdasarkan target pasar yang akan dituju, antara lain:
1. Toko Buku,nPenerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku.
Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku
Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita
perlu petakan jenis toko buku tersebut, hal ini dikarenakan tiap jenis toko
buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku
modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan Toga Mas
Books Store.
Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi
yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko
buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi
penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya
masih manual.
Untuk itu
saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para
Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku
tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi
di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara
lain :
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
Promo
Display buku di toko
Promo
Display buku di toko
2. Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku
melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang
kita terbitkan. Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi
menjadi beberapa target pasar yaitu:
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama
dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA-SMK, Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan
jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan
terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales)
Tugas Tenaga
Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya
masing – masing yang bertugas:
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan langsung ke setiap kampus
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dan lain-lain
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang
baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dan lain-lain. Sehingga dampaknya hasil
penjualan buku dapat meningkat. Untuk kunjungan ke sekolah biasanya tim menemui kepala sekolah,
kurikulum dan kepala perpustakaan.
3. Melakukan Event – Event. Aktive dalam
melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop,
Tryout, dan sebagainya. Strategi biasanya melakukan even-even seperti pameran
buku, ataupun seminar-seminar, melakukan lay out mempromosikan buku-buku
tersebut untuk mempromosikan buku kita, bisa dilakukan 1 bulan sekali, 1 minggu
sekali ataupun beberapa kali dalam satu minggu.
Sesi tanya jawab
P1. Endang Ratna
Juwita Bogor.
1. Apakah yang
harus kita lakukan persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan? Jawaban dari
Narasumber persiapannya apabila buku sudah diterima oleh penerbit skala mayor biasanya
buku tersebut akan didistribusikan padaseluruh toko. Berdasarkan Persiapan yang
mendasar harus ada persuasi pasar secara online maupun ofline
2. Jenis buku
seperti apakah yang banyak peminatnya? Jawabnya jenis-jenis buku yang banyak peminatnya
kalau umum itu adalah fiksi, novel, pengembangan diri, motivasi dan buku
tentang cerita. kalau buku anak juga laku apabila persediaan stok buku dan
display yang menarik. Jenis-jenis buku tentang religious/muslim/ agama
3. Apakah ketebalan
buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca? Jawabnya Kalau ketebalan
tidak berpengaruh tetapi kalau isi sangat berpengaruh karena mempengaruhi minat
pembaca, harga juga sangat berpengaruh.
P2. Evridus Mangung NTT.
Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
Pertanyaannya
bagaimanakah caranya agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Jawabnya
pertama biar diminati banyak orang tidak lupa kita harus bisa memetakaan
peristiwa-peristiwa yang lagi ngetren. Kedua aktif diwibesite yang bisa tanya
jawab pada konsumen dan aktif dimedia social dan bisa influiser yang bisa
membantu promosi dan juga kontennya judulnya yang menarik, contohnya tentang
berat badan. Gunakan juga gambar-gambar atau video. Konten yang harus dimiliki
harus bisa mendefinisi audien yang kita sasar.
P3.
Bunda Mahyla dari Malang Untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota
arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui
bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya
anggota arisan atau PKK tersebut bersemangat utk membeli buku kita? Jawabnya kita
jangan estimit Indonesia literasi itu sangat berkurang caranya ya kita berikan
motivasi, pencerahan untuk komunitas yang kita temui. Kita harus membuat
inspirasi yang menarik dengan cara minta waktu untuk mempromosikan buku yang
kita tulis, yang kedua carilah buku yang lagi ngetren dan menarik contohnya
buku kesehatan untuk ibu-ibu dikomunitas tersebut dan sesuai kebutuhan.
Mungkin ini resume malam ini, kami sampaikan terima kasih banyak pada bapak Agus Subardana, S.E.M.M atas paparan materinya, dorongan dan motivasi yang telah diberikan, ini sangat mengispirasi penulis semoga menjadi amal jariyah bapak.
Wassalamualaikum,
wr.wb………..
Salam literasi
semoga sehat dan selalu bahagia……………..
lengkap sekali
BalasHapusMakasih....
Hapus