MARKETING BOOK

 

 

PEMASARAN BUKU



Resume ke-20

Gelombang 28

Hari/Tanggal: Rabu, 22 Februari 2023

Tema: Pemasaran Buku

Nara Sumber: Agus Subardana, S.E.M.M

Moderator: Purbaniasita KS, S.Pd

 Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah pada malam hari ini Rabu, 22 Februari 2023 kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk mengikuti kegiatan KBMN pertemuan ke-20 dalam keadaan sehat walafiat. Pada pertemuan malam ini materi akan dibawakan oleh bapak Agus Subardana, S.E.M.M dengan tema Pemasaran Buku Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan. Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Malam hari ini kita akan ditemani oleh moderator cantik yaitu Ibu Purbaniasita KS, S.Pd

Salah satu dari tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan. Salah satu definisi dari buku adalah buku merupakan sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa demikian, karena hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dan lain-lain ).

Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh factor-faktor berikut:

1.  Faktor Mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.  Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line)

A.   Pemasaran buku lewat Online

            Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain:

1. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.

Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian:

Pantun 1:

Di taman ada banyak kumbang

Di kali banyak buaya

Janganlah ragu ataupun bimbang

Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2:

Liburan ke pulau Bali

Jangan lupa datang ke pantai Dewata

Ayo beli di toko online kami

Barangnya cuma setengah harga

Pantun 3:

Kamu jadian sama si dia

Padahal aku sudah menyukaimu

Kita toko online terpercaya

Siap menjual barang paling bermutu

Masih banyak cara untuk menarik perhatian calon pembeli dengan pantun-pantun yang dapat kita buat

Strategi selanjutnya:

5. Email Marketing. Strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7.  Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8.  Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya kita dapat

-      Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

-   Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

-      Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

-      Menaikkan penjualan dan profit

-      Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

-      Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

-      Mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen

B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE).

Strategi pemasaran buku serangan darat dikelompokkan berdasarkan target pasar yang akan dituju, antara lain:

1.    Toko Buku,nPenerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional. 

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut, hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan Toga Mas

Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual.

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

-        Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

-        Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

-       Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

-    Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

-      Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.


Contoh Display Buku yang menarik

Promo Display buku di toko

Promo Display buku di toko

2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan. Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu:

-    Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

-    Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

-    Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK, Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales)

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas:

-    Kunjungan langsung ke tiap sekolah

-    Kunjungan langsung ke setiap kampus

-    Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dan lain-lain

Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang

baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dan lain-lain. Sehingga dampaknya hasil

penjualan buku dapat meningkat. Untuk kunjungan ke sekolah biasanya tim menemui kepala sekolah,

kurikulum dan kepala perpustakaan.

3.  Melakukan Event – Event. Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya. Strategi biasanya melakukan even-even seperti pameran buku, ataupun seminar-seminar, melakukan lay out mempromosikan buku-buku tersebut untuk mempromosikan buku kita, bisa dilakukan 1 bulan sekali, 1 minggu sekali ataupun beberapa kali dalam satu minggu.


Sesi tanya jawab

P1. Endang Ratna Juwita Bogor.

1.       Apakah yang harus kita lakukan persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan? Jawaban dari Narasumber persiapannya apabila buku sudah diterima oleh penerbit skala mayor biasanya buku tersebut akan didistribusikan padaseluruh toko. Berdasarkan Persiapan yang mendasar harus ada persuasi pasar secara online maupun ofline

2.       Jenis buku seperti apakah yang banyak peminatnya? Jawabnya jenis-jenis buku yang banyak peminatnya kalau umum itu adalah fiksi, novel, pengembangan diri, motivasi dan buku tentang cerita. kalau buku anak juga laku apabila persediaan stok buku dan display yang menarik. Jenis-jenis buku tentang religious/muslim/ agama

3.       Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca? Jawabnya Kalau ketebalan tidak berpengaruh tetapi kalau isi sangat berpengaruh karena mempengaruhi minat pembaca, harga juga sangat berpengaruh.

P2. Evridus Mangung NTT.

Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

Pertanyaannya bagaimanakah caranya agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Jawabnya pertama biar diminati banyak orang tidak lupa kita harus bisa memetakaan peristiwa-peristiwa yang lagi ngetren. Kedua aktif diwibesite yang bisa tanya jawab pada konsumen dan aktif dimedia social dan bisa influiser yang bisa membantu promosi dan juga kontennya judulnya yang menarik, contohnya tentang berat badan. Gunakan juga gambar-gambar atau video. Konten yang harus dimiliki harus bisa mendefinisi audien yang kita sasar.

P3. Bunda Mahyla dari Malang Untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tersebut bersemangat utk membeli buku kita? Jawabnya kita jangan estimit Indonesia literasi itu sangat berkurang caranya ya kita berikan motivasi, pencerahan untuk komunitas yang kita temui. Kita harus membuat inspirasi yang menarik dengan cara minta waktu untuk mempromosikan buku yang kita tulis, yang kedua carilah buku yang lagi ngetren dan menarik contohnya buku kesehatan untuk ibu-ibu dikomunitas tersebut dan sesuai kebutuhan.


        Mungkin ini resume malam ini, kami sampaikan terima kasih banyak pada bapak Agus Subardana, S.E.M.M   atas paparan materinya, dorongan dan motivasi yang telah diberikan, ini sangat mengispirasi penulis semoga menjadi amal jariyah bapak.


Wassalamualaikum, wr.wb………..

Salam literasi semoga sehat dan selalu bahagia…………….. 

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS ITU SEMUDAH TERSENYUM

TIPS MENULIS BLOG YANG KONSISTEN

BERHAYAL UNTUK SEBUAH IMPIAN